Tips Mengikuti Kontes di 99designs Bagi Pemula

2
8973

Sebenarnya ada banyak artikel yang membahas tentang hal ini di internet. Dan kali ini admin juga ingin membagikan pengalaman dalam mengikuti kontes di 99designs bagi pemula. Pemula di sini yang dimaksud adalah kalian yang baru membuat akun di 99designs.

Sebelum memulai mengikuti sebuah kontes di 99designs, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Untuk akun baru, akan dibatasi hingga 10 kontes perbulan. Artinya dalam satu bulan hanya bisa mengikuti maksimal 10 kontes (disebut : Kena Limit)
  • Saat ini ada semacam rahasia umum jika staff 99designs rajin merazia akun-akun baru yang kedapatan kurang “kreatif” dalam menghasilkan karya.
  • Apabila akun terkena razia, maka ada 2 kemungkinan yaitu suspended atau banned.

Oke, bisa dimengerti ya untuk tiga poin di atas. Lalu, bagaimana tips bagi pemula untuk mengikuti kontes di 99designs. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman admin dalam mengikuti kontes di 99designs.

1. Pilih kontes secara tepat

Seperti penjelasan di awal tentang 99designs (baca di sini), kontes yang tersedia di 99designs sangatlah banyak. Jadi perlu untuk memilih kontes yang memang tepat, mengingat jumlah slot perbulan hanya 10 kontes. Maksud admin adalah memilih kontes yang benar-benar klik saat mencari ide dan dirasa mempunyai kemungkinan menang yang besar.

2. Selalu baca brief

Sebagian besar pemula tidak/jarang membaca brief dari suatu kontes dan hanya melihat/mencontek ide dari design dengan rating (bintang) terbaik. Memang tidak salah ketika kita mengikuti konsep/ide dari design dengan rating terbaik, tetapi kemungkinan kecil desain kita akan dilirik klien (CH) karena CH akan berpikir kalau kita hanya meniru/mengcopy ide dari desainer lain. Dengan membaca dan memahami brief, kita akan mengetahui keinginan dari klien untuk kontes yang diadakan. Hal ini juga melatih kita untuk selektif dalam mengikuti kontes, dan secara tidak sadar kita akan terlatih untuk menilai apakah kita berpotensi menang atau tidak ketika memutuskan untuk mengikuti kontes.

3. Sertakan deskripsi ide kita ketika mengikuti kontes

Deskripsi ide sangat penting bagi klien untuk melihat alasan/latar belakang kita membuat desain. Usahakan selalu memberikan deskripsi ketika mengikuti kontes, karena kebanyakan klien akan memberikan nilai lebih kepada desain yang memiliki “makna” di dalamnya. Bagaimana kita bisa memberikan deskripsi tentang hasil desain kita?. Tentunya hal itu berawal dari kita membaca dan memahami brief dari suatu kontes. Gunakan “deskripsi” ini sebagai alat kita merayu CH untuk memilih desain kita sebagai pemenang.

4. Jangan “ngebom” mengikuti kontes

Khusus bagi pemula (akun baru), jangan terlalu semangat dalam mengikuti kontes. Usahakan mengikuti 2 atau 3 kontes dahulu sampai kontes selesai dan baru memutuskan mengikuti kontes yang lain. Selain karena ada batasan limit per bulan (10 kontes per bulan), hal ini untuk menghindari razia dari staff 99designs. Berdasarkan pengalaman beberapa teman ketika langsung ngebom kontes, selang beberapa hari akun barunya langsung di suspended atau di banned. Hal ini kemungkinan karena akun kita dinilai sebagai desainer amatir oleh staff 99designs, karena normalnya butuh waktu minimal 1×24 jam untuk seorang desainer menghasilkan sebuah desain.

5. Hindari konsep logo generik

Apa itu logo generik?. Logo generik adalah jenis logo yang sudah terlalu banyak digunakan sehingga tidak memiliki ciri khas yang bisa dipatenkan. Silakan baca selangkapnya di sini. Oleh karena itu perlu latihan terus-menerus untuk menghasilkan desain yang original (semi original).

 

Begitulah beberapa tips dari admin untuk mengikuti sebuah kontes bagi pemula (akun baru). Apabila nanti ada tips lain, akan ditambahkan di lain hari. Tetap semangat berkarya untuk menghasilkan karya orisinil.

2 Komentar

  1. apakah bisa bantu saya untuk jadi freelancer desainer
    saya baru di dunia freelance
    terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda