Mengenal 99designs

2
1401

99designs itu apa si?

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Cari Dolar di Internet? Bisa! , ada beberapa cara kita mendapatkan penghasilan sampingan melalui internet. Cara pertama adalah dengan menjadi Freelancer Situs-situs Outsourcing. Nah, salah satu situs outsourcing paling populer di Indonesia adalah 99designs.com. Kenapa saya bilang paling populer, karena kebanyakan freelancer (designer) memulai karir online nya dari membuat akun di 99designs.com.

99designs.com sebenarnya bukan situs full freelance, karena hanya mengakomodir/khusus untuk freelancer bidang design grafis. Perlu digarisbawahi lagi bahwa 99designs hanya untuk desain grafis. Meskipun hanya mengakomodir desain grafis, jumlah proyek yang berjalan di 99designs selalu >700 proyek bahkan sempat mencapai angka 2.000 proyek. Tentu jumlah yang sangat banyak untuk dikerjakan oleh kita. Jadi tidak heran kalau ini menjadi situs outsourcing paling populer di Indonesia. Karena 99designs dikhususkan untuk desain grafis, keahlian yang setidaknya kalian kuasai adalah software design seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, Adobe Photoshop, AutoCad, Adobe After Effect. Ini tidak harus semua dikuasai ya, setidaknya Adobe Illustrator atau CorelDraw, karena ini software design yang berbasis vector.

Sebenarnya bagaimana sistem kerja di 99designs.com?

Secara sederhana sistem kerja di 99designs adalah

cari kontes -> kirim hasil design -> menang kontes -> kirim file mentah ke klien -> kita dibayar

1. Cari Kontes

Pada tahap ini kita harus mencari kontes yang sesuai dengan keahlian kita. Sebagai gambaran saja, ada 7 kategori yang bisa kita pilih di 99designs.

  • Logo & Identity : Kategori yang spesifik untuk kontes Logo, Brand Identity, Kartu Nama, Stationary, Sosial Media dan Hosted website (Jimdo). Kategori paling populer menurut saya, bahkan kebanyakan orang Indonesia bermain di kategori ini. Kategori ini juga menyediakan kontes paling banyak diantara kategori yang lain.
  • Web & App Design : Dalam kategori ini masih dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori seperti, Web Page design, WordPress theme design, Landing page design, Icon or button, App design, FB cover, Social media Page, Banner Ad. Meskipun berhubungan dengan website dan app, kita hanya mengerjakan desain (tampilan)nya saja, tidak dengan pengkodingan karena coding merupakan pekerjaan programmer. Kalau kita mempunyai keahlian programming, ini akan menjadi nilai tambahan dan dapat kita gunakan untuk proyek lanjutan.
  • Business & Advertising : Kategori yang mengakomodir keperluan-keperluan di bidang bisnis seperti Postcard, Flyer or Print , Poster, Infografis, Brosur, Car wrap, Signage, Email, Powerpoint template dan Menu. Harga yang ditawarkan memang relatif lebih kecil dibandingkan 2 kategori sebelumnya, tetapi keberlanjutan proyek dengan klien ketika kita memenangkan kontes dalam kategori ini sangat besar. Hal itu karena kebutuhan desain untuk bidang bisnis akan selalu berubah dari waktu ke waktu.
  • Clothing & Merchandise : Kategori yang cocok untuk kalian yang ahli mendesain kaos dan merchandise (stiker, mug, dsb). Dalam kategori ini menurut saya lebih ditekankan pada hand drawing atau hasil desain memakai tangan.
  • Art & Illustration : Sesuai dengan namanya, kategori ini berisi kontes-kontes ilustrasi, tato, desain maskot, kartu undangan. Seperti halnya kategori Clothing & Merchandise, Art & Illustration cocok untuk temen-temen yang ahli desain memakai tangan (hand drawing).
  • Packaging & Label : Kategori ini khusus untuk kontes-kontes terkait packaging (kemasan) dan label suatu produk. Kategori yang tergolong rame kontes meskipun hanya terbagi menjadi 2 sub kategori saja, dengan rata-rata 30-40 kontes berjalan.
  • Book & Magazine : Kategori yang berisi kontes desain cover buku dan majalah. Keberlanjutan proyek setelah memenangkan kontes dalam kategori ini relatif tinggi, karena biasanya klien mempunyai rencana untuk peluncuran buku dan majalah selanjutnya.

2. Kirim Hasil Desain

Setelah kita telah menentukan kontes yang kita kuasai, selanjutnya adalah mulai mendesain. Jangan lupa untuk membaca dan memahami keinginan klien. Setelah yakin dengan hasil desain, selanjutnya adalah mengirim hasil desain di kontes yang kita pilih tadi. Ada beberapa syarat untuk sebuah desain bisa diikutkan dalam sebuah kontes yaitu:

  • Ukuran minimal : 960 x 960px
  • Ukuran maksimal : 2040 x 8160px
  • Format file : JPG, PNG, atau GIF
  • Mode warna : RGB

Usahakan rasio desain kita 1:1 , karena nantinya preview di halaman kontes yang kita ikuti akan otomatis dipotong dengan rasio tersebut.

3. Menang Kontes

Sebuah kontes dalam 99designs terbagi menjadi 3 tahapan, Kualifikasi -> Babak Final -> Penentuan Pemenang. Tahap kualifikasi normalnya 3 – 5 hari, Babak Final 3 Hari, dan Penentuan Pemenang maksimal 15 hari.

4. Kirim File Mentah ke Klien

Apabila kita sudah melewati semua tahapan dan dipilih menjadi pemenang, maka kita harus mengirimkan file mentah dari hasil desain kita. File mentah ini mempunyai beberapa format sesuai dengan masing-masing kategori kontes. Umumnya file mentah yang diwajibkan untuk dikirimkan ke klien adalah .AI (File Illustrator); .JPG .PNG (File Preview Desain); .EPS format warna RGB dan .EPS format warna CMYK. Ada beberapa kategori juga yang mewajibkan menyertakan file .PSD (File Photoshop) untuk dikirimkan ke klien.

5. Kita Dibayar

Nah, ini nih yang ditunggu-tunggu. Setelah kita selesai mengirimkan file mentah desain ke klien. Kita tunggu apakah ada revisi tentang file mentah itu. Kalau tidak ada, klien akan menyetujui bahwa file telah diterimanya. Apabila klien sudah menyetujui, uang sesuai nominal yang tertera di kontes akan masuk ke credit akun kita. Barulah kita bisa menarik credit dari akun kita ke rekening kita (bisa melalui paypal atau payoneer).

Seperti itulah tahapan dalam 99designs yang harus kita lalui untuk mendapatkan penghasilan dolar. Memang terlihat lama, tetapi tidak sedikit lho orang Indonesia yang sebulan mendapatkan penghasilan >$1000 hanya dari mengikuti kontes di 99designs.

Gimana? Tertarik mencoba ikut peruntungan untuk mendapatkan penghasilan dolar dari internet?

2 Komentar

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda