Kesalahan-Kesalahan Desainer Pemula di 99designs

0
153

5/10 tahun yang lalu mungkin baru sedikit orang yang mengenal freelance online, 99designs dsb. Namun, akhir-akhir ini menjadi seorang freelancer sudah menjadi solusi untuk orang-orang yang kesulitan mencari pekerjaan. Era digital tentunya menjadi salah satu faktor penentu semakin maraknya pekerjaan freelance desain. Kemudahan mengakses internet bahkan sampai pelosok desa membuat pekerjaan freelance online diminati oleh berbagai pihak, baik yang sudah mempunyai pekerjaan tetap (offline) maupun yang masih berada di bangku sekolah. Gaji/penghasilan dalam mata uang dolar menjadi magnet untuk menekuni bidang ini.

Semakin banyaknya orang yang menjadi freelance online, ternyata menuntut perubahan regulasi dari pihak asing yang menjadi tempat freelancer ini, salah satunya 99designs. Memang semakin banyak desainer baru akan memperbesar komunitas di dalam 99designs, tetapi hal itu seperti pisau bermata dua karena tidak sedikit desainer baru yang kurang/tanpa keahlian standar desain. Akhirnya desainer baru (pemula) ini akan dianggap sebagai spam dan 99designs tidak mau mengambil resiko sehingga mulai diberlakukan regulasi baru, mulai dari pembatasan jumlah kontes (limit) dan gerakan suspen/blok nasional.

Nah, berikut ini akan dijelaskan kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula sehingga dapat berakibat akun disuspen/diblok permanen.

1. Tidak Mengikuti Pedoman dan Style Desain 99designs

Maksudnya adalah kita sebagai desainer (pemula) tentunya harus melihat kecenderungan style desain yang disukai 99designs, jangan hanya asal-asalan mengikuti kontes di 99designs. Bagaimana caranya kita untuk mengetahui style desain yang kebanyakan disukai oleh 99designs? Ada beberapa cara yang dapat kalian (desainer pemula) lakukan:

  • Konsultasi/belajar dengan teman-teman yang sudah Mid/Top level di 99designs

Banyak sekali komunitas 99designs, baik itu online (di facebook), maupun offline. Silakan belajar dengan pemain yang sudah lama ikut dan bertahan di 99designs. Jangan malu untuk bertanya mengenai teknik dsb, karena itu menjadi dasar yang penting untuk menjadi desainer di 99designs.

  • Membuka blog 99designs

99designs telah menyediakan blog khusus untuk para desainer sebagai panduan dan tambahan pengetahuan seputar tren yang sedang berlangsung, teknik, dan lain sebagainya. Kalian bisa cek sendiri dan mulai membaca artikel-artikel yang ada di sana. ( https://99designs.com/blog/ )

  • Aktif Melihat Recent Winner

Pemenang 99designs secara rutin selalu diupload ke dalam Recent Winner. Silakan cek dan lihat style dari desain yang telah menang. Secara tidak langsung nanti kalian akan memahami style desain yang sering menang di 99designs. Silakan cek disini. ( https://99designs.com/contests/winners )

2. Penggunaan Logo Generic

Penggunaan logo generic ini sangat terasa, karena secara berkala 99designs akan merazia akun-akun yang terlalu banyak menggunakan desain generic. Konsekuensinya bisa turun level, dari Top ke Mid/Entry Level, atau Mid ke Entry Level, bahkan untuk kasus yang ekstrim bisa-bisa akun akan disuspen/diblok permanen. Akun yang tersuspen tidak dapat digunakan lagi selama periode suspen, tetapi seringkali akun suspen akan berakhir dengan banned/blok permanen. Akun yang dibanned/blok permanen tidak dapat digunakan lagi, dan kalian harus membuat akun baru dengan email dan identitas (KTP) baru.

3. Presentasi Hasil Desain Buruk

Presentasi ini maksudnya adalah komposisi image, font (typography), mockup. Untuk poin ini hampir sama dengan poin 1 tentang style desain yang disukai 99designs. Setiap jenis industri cenderung memiliki jenis font yang berbeda, mempelajari jenis font yang pas/tepat untuk jenis industri tertentu sangat diperlukan untuk tetap eksis di 99designs. Penggunaan mockup juga dapat berpengaruh terhadap hasil presentasi desain kita. Penempatan mockup harus disesuaikan dengan desain logo kita, dan usahakan mockup yang digunakan adalah mockup premium/sedikit yang pakai. Presentasi hasil desain memang tidak berpengaruh secara langsung dengan disuspen/dibanned, tetapi presentasi yang bagus/enak dilihat mata, akan memperbesar kesempatan kita untuk memenangkan kontes.

4. Kelengkapan Profil Buruk

Profil akun di 99designs secara langsung akan menunjukkan bagaimana kita sebagai desainer serius atau tidak. Jangan pernah menggunakan Nama Profil, Foto Profil dan Sampul Profil yang asal-asalan. Buatlah nama yang profesional di mata klien, sertakan deskripsi yang mendukung profil kalian. Tambahkan pula Foto dan Sampul Profil yang menarik untuk menarik minat klien dan akhirnya memutuskan untuk memenangkan logo desain kita atau bahkan bersedia mengerjakan project bersama. Kita harus memposisikan diri sebagai Desainer Profesional di mata klien.

5. Jangan Asal Report Desain Orang Lain

Aktivitas report mereport desain telah menjadi hal yang lumrah di 99designs, karena memang disediakan fasilitas “report design” oleh 99designs. Akan tetapi, sebagai desainer pemula, jangan sekali-kali mereport desain secara asal-asalan hanya karena desain lawan terlihat mirip dengan desain kita. Kegiatan mereport desain orang akan beresiko akun kita akan dilihat/ditinjau oleh staff 99designs. Hal ini akan menjadi bagus ketika port folio kita diisi oleh desain-desain unik (tidak generic), karena ada kemungkinan akun kita akan naik level. Kebalikannya, ketika ternyata port folio kita diisi oleh desain-desain generic, akan ada kemungkinan akun kita tersuspen atau bahkan terbanned karena kita dinilai tidak memenuhi standar minimal 99designs.

Oke, mungkin itu beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh desainer pemula. Artikel ini sesuai pengalaman admin, apabila ada tambahan lain silakan menambahkan di kolom komentar. Sukses selalu.

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda