Kenalan Yuk dengan Dunia Microstock

4
4071

Salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan (dalam US$) dari internet. Seperti penjelasan awal tentang Cari Dolar di Internet, Microstock merupakan suatu tempat dimana kita bisa menjual hasil desain, foto, dan video dengan menggunakan sistem royalti. Jadi apabila hasil karya kita yang didownload pengguna microstock lain, maka kita akan mendapatkan royalti untuk setiap produk itu (hasil desain, foto, atau video).

Dalam dunia microstock terdapat 2 istilah penting, yaitu kontributor dan agensi.

Kontributor adalah orang yang mengirimkan hasil karyanya baik itu desain grafis, foto, atau video ke agensi microstock dan nantinya akan mendapatkan komisi berupa royalti. Kontributor disini bisa pemula, profesional maupun orang yang hanya iseng-iseng mengirimkan hasil karyanya.

Agensi adalah perusahaan yang mewadahi dan menjualkan karya dari kontributor. Ada beberapa agensi microstock yang bisa kalian masuki seperti shutterstock ; freepik ; adobestock ; pngtree ; vectorstock ; depositphotos ; 123RF, dan lain sebagainya.

Sistem yang diterapkan dalam penjualan karyanya adalah Royalty Free, artinya karya dari kontributor dapat diperjualbelikan ke banyak orang dan dapat digunakan oleh si pembeli untuk kegiatan apapun tetapi tidak diperbolehkan menjualnya kembali karena hak cipta tetap dimiliki oleh kontributor bukan agensi. Oleh karena dapat diperjualbelikan berkali-kali, maka keuntungan akan terus diterima oleh agensi dan kontributor. Hal inilah yang menjadikan dunia microstock menarik untuk ditekuni.

Lalu bagaimana cara kerja microstock ini? Cara kerja microstock kurang lebih seperti ini:

  • Kalian mendaftarkan diri sebagai seorang kontributor di agensi microstock (gratis),
  • Agensi akan meminta kalian untuk mengirimkan beberapa hasil karya baik itu desain grafis, foto atau video untuk ditinjau apakah layak dan memenuhi syarat menjadi kontributor yang baik,
  • Setelah disetujui, kalian bisa mengirimkan/mengupload karya yang lain untuk dijual,
  • Setelah karya kalian online/ditampilkan dalam situs agensi microstock dan pengunjung (konsumen) dapat mengunduh/mendownload karya kalian itu.
  • Setiap karya yang diunduh/didownload pengunjung, kalian akan mendapatkan komisi dari royalti.

Pada awal-awal setiap download akan dihargai sekitar $0.3 sampai $5, tergantung lokasi (biasanya konsumen dari US dan EU lebih mahal). Angka itu memang terlihat kecil, tetapi bayangkan jika dalam satu minggu ada 100 download, berarti pendapatan kita bisa mencapai $500 per minggu. Angka yang fantastis bukan?. Semakin banyak karya/item yang online di situs agensi, semakin besar pula kemungkinan penghasilan kita setiap bulannya.

Bagaimana cara mendaftar di agensi microstock?

Secara umum syarat mendaftar di agensi microstock adalah adanya email aktif (beberapa agensi juga mensyaratkan memiliki passpor). Seperti penjelasan di awal bahwa pendaftaran ini GRATIS alias tidak dipungut biaya. Nantinya akan diminta mengisi Nama Asli, Alamat, Nomor Telepon, Tanggal lahir dsb. Yang tidak kalah penting adalah siapkan Username, karena username tidak akan bisa dirubah setelah mendaftar. Jadi tentukan username kalian dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi situs-situs agensi microstock yang telah disebutkan di atas. Biasanya menu “Join as contributor” ada di bagian footer menu (menu bagian paling bawah di situs masing-masing agensi).

Bagaimana kita dibayar setelah tergabung sebagai kontributor?

Masing-masing agensi mikrostock menerapkan kebijakan yang berbeda dalam penarikan (withdraw) penghasilan, tetapi secara umum metode pembayaran yang digunakan adalah melalui Paypal, Moneyskrill dan Bank Check. Dan biasanya ada batasan nominal tertentu untuk bisa dilakukan penarikan (withdraw) tergantung kebijakan masing-masing agensi.

Kenapa kita harus nyemplung dalam dunia microstock?

Menjadi seorang kontributor adalah salah satu investasi jangka panjang kita di dunia freelance, karena setiap item yang kita jual bersifat unlimited sehingga penghasilan dari tiap item yang didownload akan ada secara terus-menerus. Walaupun hal ini pasti membutuhkan kerja keras dan kesabaran tingkat tinggi, tetapi ketika jumlah item yang kita jual mencapai 1000, 5000, 10000 bahkan 100000, bisa dibayangkan penghasilan setiap bulan yang akan kita dapatkan sebesar apa.

Jadi, kapan kita akan memulainya?!

4 Komentar

      • okey siap bang, hatur nuhun infonya.
        btw nama kita sama bang.. hehe
        dan sama sama kuliah jurusan kimia (tapi saya teknik kimia)
        dan sama-sama passion di desain grafis..

        Kalau berkenan folbek ig saya bang : hanifcaproject

        salam sukses ­čÖé

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda