Desain Baru Huawei Mate 30 (atau Mate 30 Pro)

0
611

Mendengar nama Huawei, pastinya langsung teringat dengan drama yang terjadi di dunia teknologi antara Huawei dengan pemerintah US.

Beberapa minggu yang lalu, dunia teknologi dihebohkan dengan pernyataan pemerintah US yang memblacklist Huawei dari semua lini bisnis di US. Artinya Huawei tidak boleh menggunakan produk teknologi yang dihasilkan oleh perusahaan asli Paman Sam ini baik software maupun hardware. Hal ini karena pemerintah US mencurigai Huawei sebagai penyedia infrastruktur 5G berpotensi menjadi mata-mata China melalui infrastruktur 5G nya. Tentunya hal ini belum bisa dibuktikan secara detail, karena beberapa negara lain masih tetap menjalin kontrak kerjasama pembangunan infrastruktur 5G dengan Huawei, seperti Inggris.

Yang paling disoroti dengan masuknya Huawei di dalam daftar blacklist negara US adalah keberlanjutan produksi smartphone dari Huawei, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Huawei menggunakan sistem operasi Android untuk semua smartphone yang dikeluarkannya. Setelah itu, muncul spekulasi akan dihadirkan sistem operasi baru milik Huawei yang nantinya akan digunakan dalam semua smartphone keluaran Huawei (Hongmeng OS, Ark OS, SailFish OS, dsb). Isu tentang alternatif sistem operasi smartphone selain android dan iOS berlangsung cukup lama dan memenuhi laman berita teknologi dunia. Akan tetapi berita lain muncul minggu kemarin yaitu pernyataan presiden US Donald Trump yang memperbolehkan kembali Huawei untuk menggunakan software dan hardware keluaran US. Tentunya berita ini menjadi angin segar bagi pecinta smartphone Huawei karena adanya kemungkinan Huawei masih bisa menggunakan android untuk smartphonenya, tetapi ada juga komunitas yang kurang bahagia karena mereka berharap muncul sistem operasi ke-3 yang dapat menjadi alternatif selain android dan iOS.

Menyisihkan berita tentang blacklist Huawei ini, ternyata Huawei sama sekali tidak menghiraukan dan tetap dalam rencana tahunan dalam mengeluarkan smartphone model baru. Salah satu yang tentunya ditunggu-tunggu oleh konsumen adalah smartphone penerus Huawei Mate 20/20 Pro. Kita ketahui bersama bahwa Huawei Mate 20/20 Pro merupakan smartphone pertama dengan tiga kamera.

Huawei Mate 30/30 Pro render (kiri), Huawei Mate 20/20 PRO (kanan)

Berdasarkan render terbaru yang keluar di internet, Huawei Mate 30/30 Pro akan mempunyai 4 kamera belakang seperti halnya Huawei P30/P30 Pro, yaitu kamera utama (sensor besar, mungkin 40MP), Telephoto/periskop kamera, Ultrawide kamera, dan TOF 3D kamera, yang didampingi dengan dual-tone flash. Hal yang menjadi perhatian di sini adalah susunan kameranya. Huawei Mate 30/30 Pro akan mempunyai susunan kamera melingkar di tengah, berbeda dengan Huawei Mate 20/20 Pro yang mempunyai susunan kamera berbentuk kotak di tengah.

Untuk spesifikasi lainnya mungkin tidak akan berbeda jauh dengan spesifikai Huawei P30/P30 Pro, seperti chipset Kirin 980, layar OLED, RAM 8/16 GB, dan memori internal 128/256/512 GB

Saat ini masih belum ada bocoran di internet mengenai desain muka dari Huawei Mate 30/30 Pro, akankan Huawei menggunakan UDC (Under Display Camera), ataukah menggunakan teknologi Pop-up camera, Rotate camera. Ini yang pastinya ditunggu-tunggu oleh pecinta smartphone flagship di dunia. Kita nantikan bagaimana desain akhir dari Huawei Mate 30/30 Pro yang kemungkinan akan diperkenalkan pada sekitar bulan Oktober-November seperti tradisi seri Mate sebelumnya.

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda