Cari Dolar di Internet? Bisa!

0
1261

Mungkin banyak yang sudah menekuni profesi/pekerjaan di internet, tapi tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui bahwa di internet kita bisa mendapatkan penghasilan (banyak malah). Jadi kami bermaksud untuk berbagi pengalaman dan informasi tentang mencari Dolar di Internet. Berikut ini kami paparkan beberapa cara Cari Dolar di Internet yang kami ketahui.

  • Freelancer Situs-situs Outsourcing
  • Buat ebook
  • Blogging dan Vlogging
  • Jadi Penulis Artikel Online
  • Microstock
  • Buat Aplikasi Mobile

Jika ada temen-temen yang punya referensi lain bagaimana mencari dolar di internet bisa dibagikan pengalamannya di kolom komentar. Selanjutnya, kami akan mencoba menjelaskan secara sekilas apa dan bagaimana bisa kita mencari dolar dari internet melalui cara-cara di atas.

1. Freelancer Situs-situs Outsourcing

Apa si freelancer? Apa si situs-situs Outsourcing?

Freelancer itu secara bahasa berarti pekerja lepas, tenaga kerja lepas. Pekerja yang tidak terikat waktu, dan tempat untuk melakukan pekerjaan (freelance). Intinya, menjadi freelancer berarti kalian bekerja secara bebas, bisa dikerjakan dimanapun, dan kapanpun juga. Tetapi darimana seorang freelancer mendapatkan pekerjaan itu?. Inilah fungsi situs-situs outsourcing. Situs-situs ini menyediakan berbagai pekerjaan yang bisa dikerjakan secara freelance, dan kebanyakan situs luar. Pekerjaan yang ditawarkan juga bervariasi, seperti desain grafis, translator, pelayanan konsumen, entry data dsb. Beberapa contoh situs outsourcing seperti freelancer.com ; 99designs.com ; fiverr.com ; upwork.com dan lain sebagainya.

Trus bagaimana kita dibayar atas pekerjaan yang telah kita lakukan?. Sistem pembayaran untuk pekerjaan yang telah kita lakukan biasanya melalui sistem pembayaran online seperti paypal, payoneer, skrill, atau western union. Karena kebanyakan situs luar, maka pembayarannyapun menggunakan mata uang dolar. Bisa dibayangkanlah berapa penghasilan seorang freelancer yang serius dengan profesinya kan?. Banyaaaak. Jadi kalian tertarik tidak untuk mencoba menjadi seorang freelancer??

2. Buat ebook

Buat ebook? Ya, saat ini sudah mulai terjadi pergeseran dari media cetak ke media digital. Bukan hanya tentang berita yang beralih ke media mainstrem, tetapi buku juga sudah mulai beralih ke ebook. Ebook bisa berupa apa saja, tutorial, novel, cerpen, buku pengetahuan dsb. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari ebook?.

Ketika kita telah selesai menyusun ebook, kita bisa menjualnya langsung ke pembeli menggunakan sistem transfer konvensional dengan memberikan file .pdf dari ebook kita melalui sosial media, link donwload di blog, atau via email langsung. Selain itu, kita juga menjual ebook melalui platform yang menyediakan buku-buku bacaan seperti google play book, bookboon.com, projectgutenberg.com, many books.com dsb.

3. Blogging dan Vlogging

Untuk yang satu ini mungkin temen-temen sudah sering mendengarnya. Blogging atau membuat blog, dan vlogging atau membuat konten video, telah menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mencari tambahan dana dari internet. Keduanya sama-sama menggunakan sistem iklan untuk mendapatkan penghasilan. Temen-temen akan memulai dengan membuat konten tulisan (blogging) atau konten video (vlogging), semakin banyak postingan yang konsisten dan berkualitas, maka akan semakin besar kesempatan temen-temen untuk diakui oleh si pemberi iklan. Ada banyak pihak yang memberikan layanan periklanan untuk konten blog dan vlog yang kita buat, salah satu yang paling populer adalah google adsense.

Secara singkat alur dalam sistem pengiklanan adalah pertama kita harus membangun konten yang konsisten dan berkualitas, kemudian kita akan mengajukan permintaan review blog/website/vlog kepada google adsense. Setelah disetujui untuk program pengiklanan, kita bisa menempatkan banner iklan yang disediakan dan disesuaikan dengan layout blog/website/vlog kita. Kemudian darimana kita dapat penghasilan?. Pihak pengiklan akan menilai performa kita dari jumlah view dan klik dari banner iklan yang kita tampilkan di blog/website/vlog. Setelah mencapai nominal tertentu, penghasilan kita dari iklan itu baru bisa kita tarik/ambil.

4. Jadi Penulis Artikel Online

Penulias artikel online? apa bedanya dengan ebook tadi?. Sekilas sama-sama membuat konten tulisan yang kemudian dijual melalui media digital. Perbedaannya adalah kalau membuat ebook, berarti kita sendiri yang mencari konsumen untuk membeli ebook kita. Sedangkan penulis artikel online adalah menjadi kontributor untuk mengisi blog/website orang lain, dan kita dibayar sesuai artikel yang kita buat. Karena mulai menjamurnya situs-situs bacaan/blog sekarang ini, tentunya peluang untuk menjadi seorang penulis artikel online akan semakin besar.

5. Microstock

Apa itu microstock?. Microstock adalah tempat orang-orang menjual hasil design grafis atau foto. Tentunya untuk bisa menjadi kontributor, kita akan dinilai terlebih dahulu oleh tim situs microstock itu sendiri. Ada banyak situs microstock yang populer di dunia, contohnya seperti shutterstock, fotolia, freepik, istock, dan lain sebagainya. Menjadi bagian dari kontributor microstock baik desainer grafis maupun fotografer merupakan salah satu cara mencari tambahan penghasilan (pasif income), karena di sini kita hanya diharuskan upload hasil desain/foto kita sebanyak-banyaknya. Semakin banyak desain/foto yang diunggah (yang sudah disetujui), akan semakin besar kemungkinan kita mendapatkan pasif income yang besar. Jadi selama hasil desain/foto kita didownload oleh orang laini diseluruh dunia, kita akan dibayar oleh situs microstock itu. Menarik bukan?

6. Buat Aplikasi Mobile

Untuk yang satu ini khusus untuk temen-temen programmer yang doyan bikin aplikasi untuk smartphone baik android maupun iOS. Bagaimana sistem kerjanya? Sistem kerjanya hampir sama saat kita menekuni blogging/vlogging. Pertama, kita membuat suatu aplikasi mobile, kemudian hasilnya diupload ke play store/app store. Selanjutnya apabila aplikasi kita didownload orang lain, sistem pengiklanan akan bekerja, semakin banyak orang yang download, maka kita memiliki kemungkinan mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan dolar/penghasilan dari internet. Apabila ada temen-temen yang mempunyai pengalaman lain dalam mencari tambahan penghasilan di internet bisa di share pengalamannya di kolom komentar.

Kesimpulan

Ada banyak cara mendapatkan penghasilan di era digital ini. Sama seperti bekerja secara offline, bekerja secara online juga membutuhkan keseriusan dan pemahaman yang tinggi untuk fokus mencapai tujuan yang besar. Akan tetapi hal pertama yang harus kita tanyakan ke diri sendiri adalah kapan kita akan memulainya?.

Kapan kita akan memulainya?

Semoga bermanfaat. Penjelasan detail akan dilanjutkan di artikel berikutnya.

Tinggalkan Pesan

Berikan komentar
Nama Anda